Rabu, 04 Juli 2012

Kebenaran Kebangkitan Nabi Isa


Saya pernah membaca buku tulisan Irene Handono, bahwa kebangkitan Nabi Isa diakhir zaman secara dalil tidak bisa dipertanggung jawabkan. Sementara saya meyakini betul memang Nabi Isa akan dibangkitkan. Adapun alasan beliau dalam buku tsb adalah bahwa keyakinan itu didasarkan kepada riwayat hadits yang berasal dari Nasrani yang masuk Islam.
Saya mohon asatidz dapat menjelaskan kedudukan yang sebenarnya, karena ini menyangkut aqidah ummat Islam.
Jawaban:
Ibu Irene Handono itu barangkali masih agak gagap dalam menjawab masalah Nabi Isa menurut versi Islam. Terutama bila menyangkut sumber-sumber dari sunnah nabawiyah.
Sebab kita maklum bahwa beliau itu kan masih baru masuk agama Islam. Belum semua sisi ajaran Islam ini sempat dipelajarinya. Maka menjadi amat wajar bila disana-sini masih ada hal-hal yang perlu untuk disempurnakan lagi.
Kami berharap masalah ini jangan terlalu dibesar-besarkan. Sebab kita senang ada orang masuk Islam dan membongkar kesalahan agama lain. Namun kita tidak bisa menerima begitu saja kenyataan bahwa setiap muallaf itu perlu belajar agama Islam secara lebih serius lagi.
Nabi Isa Pasti Datang
Diantara tanda-tanda datangnya hari kiamat kubro adalah turunnya Nabi Isa as. Beliau akan menjadi muslimin atau bagian dari umat Islam, menghancurkan salib dan menghancurkan berhala. Karena risalah yang beliau bawa adalah risalah yang bersumber dari Allah juga.
Namun turunnya beliau bukan sebagai nabi lagi karena setelah diangkatnya Rasulullah SAW sebagai nabi terakhir, maka tidak ada lagi nabi yang turun ke bumi dengan membawa risalah dari langit.
Karena itu Nabi Isa kedudukannya bukan sebagai Nabi lagi, tapi bagian dari umat Islam ini, berkitab suci Al-Quran, mengucapkan dua kalimat syahadat, shalat menghadap ka‘bah, puasa Ramadhan, berhaji ke Mekkah dan menjalankan syariat Islam yang kita terapkan saat itu.
Semua keterangan itu kita dapatkan dari hadits-hadits Rasulullah yang sampai kepada kita, antara lain:


Hadits Pertama
Dari Abi Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Demi Yang jiwaku di tangan-Nya, nyaris akan turun kepada kalian putera Maryam (Nabi Isa as) menjadi hakim yang adil, menghancurkan salib dan membunuh babi dan memungut jizyah dan memenuhi harta ... (HR Muslim dalam kitab Iman bab turunnya Isa)
Hadits Kedua
Dari Jabir bin Abdillah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Akan tetap ada dari umatku yang berjuang dalam haq dan eksis terus hingga hari kiamat. Kemudian Nabi Isa bin Maryam turun. Lalu pemimpin umat Islam saat itu berkata kepada Nabi Isa,”Kemarilah dan jadilah imam dalam shalat kami”. Namun Nabi Isa menjawab,”Tidak, kalian menjadi peminpin di antara kalian sendiri . Sebagai bentuk pemuliaan Allah atas umat ini”.
Hadits Ketiga
Rasulullah SAW bersabda,”Nabi Isa masih tetap tinggal di bumi hingga terbunuhnya Dajjal selama 40 tahun, lalu Allah mewafatkannya dan dishalatkan jenazahnya oleh umat Islam. (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim dan dishahihkan oleh az-Zahabi)
Wallahu a'lam

0 comments:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.